Sword Art Online; Real Life MMORPG

Hesadrian

SAO (Sword Art Online) pada awalnya adalah sebuah novel yang dikarang oleh Reki Kawahara dan ilustrator Abec. Menceritakan sebuah game online paling mutakhir yang memungkinkan pemainnya untuk saling berinteraksi dengan benar-benar seperti kehidupan nyata. Sebuah evolusi dari MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game) menjadi VRMMORPG (Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role Playing Game). Novel tersebut telah diadaptasi menjadi sebuah anime yang bagi saya, mantan aktivis game online merupakan sebuah nostalgia yang menyenangkan.

Dalam anime tersebut masih terdapat sistem level, skill, party, guild, yang sangat familiar bagi para pemain game online khususnya MMORPG. Walaupun ending dari SAO menurut saya sangat terkesan dipaksakan untuk happy ending, tapi saya mendapatkan beberapa hal menarik dari anime tersebut. Pertama, saya jadi kembali mengingat betapa cintanya saya terhadap game online, terhadap MMORPG. Hingga kemudian dalam otak saya terbersit beberapa pemahaman menarik.

Saya bertanya kepada diri sendiri. Kenapa saya bisa begitu mencintai MMORPG tapi saya belum…

View original post 489 more words

Leave a Reply

